Kamis, 16 Agustus 2012


PENINGKATAN PEMAHMAN SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 5A SEKOLAH DASAR PANCA SETYA SINTANG TAHUN AJARAN 2011/2012
Disusun Sebagai Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian
Dosen Pengasuh: Eliana Yunitha Seran, M. Pd





Oleh:
Yustina Sinaga
NIM:10010603
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) PERSADA KHATULISTIWA SINTANG
TAHUN 2012






Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar lampiran
BAB I
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penelitian
D.    Manfaat Penelitian
E.     Ruang Lingkup Penelitian
a.       Variable Penelitian
b.      Devinisi Operasional
F.      Metode danTeknik Penelitian
a.       Metode
b.      Bentuk
G.    Teknik dan Alat Pengumpulan data
a.       Teknik Pengumpulan Data
b.      Alat Peng umpulan Data
H.    Teknik Analisis Data
I.       Hipotesis

BAB II
Daftar Pustaka
Lampiran
1.      Silabus
2.      Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3.      Alat Pengumpulan Data
4.      Surat Keterangan Observasi dari Sekolah
5.      Surat Keterangan Observasi dari Campus










BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Proses pendidikan dapat diartikan sebagai pembelajaran yang diselenggarakan disekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Salah satu pembelajaran yang diberikan disekolah adalah pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika aspekyang sangat penting dimiliki oleh peserta didik, yaitu pemahaman. Peserta didik terlebih dahulu memahami tentang  dasar-dasar matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi. Menyesuaikan pembelajaran dengan situasi, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai pemahaman tentang konsep matematika. Memahami konsep matematika, yaitu siswa dapat menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep, secara luwes, akurat, efesien, dan tepat dalam pemecahan massalah. Pemecahan  masalah dapat berupa memahami soal matematika dan mencari serta menyelesaikan soal tersebut sesuai dengan kemampuan pemahaman sisiwa.

Pemahaman merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam menguasai dasar-dasar matematika. Pemahaman adalah salah satu aspek dari kemampaun kognitif seorang peserta didik pada suatu pembelajaran. Peserta didik akan mudah memahami pelajaran, jika pembelajaran di sesuaikan dengan situasi. Di dalam pembelajaran matematika pemahaman sangat penting daripada menghafal.
Kemampuan memahami merupakan aspek penting dalam menyelesaikan soal pembelajaran  matematika. Pemahaman konsep matematika dapat dilihat dari kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal. Untuk memahami pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik tidak terlepas dari perhatian dan kefokusan peserta didik. Untuk memahami peserta didik juga harus menjadi pendengar yang aktif pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas bahwa kemampuan pemahaman siswa kelas 5A Sekolah Dasar Panca Setya 1 Sintang yang masih rendah. Hal ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis selaku peneliti di SD Panca Setya 1 Sintang. Menurut pengamatan penulis pada penbelajaran matematika siswa kurang memahami dasar-dasar matematika. Siswa lebih cendrung untuk menghafal daripada memahami. Permasalahan tersebut berpengaruh pada hasil belajar sebagian besar sisiwa dalam pembelajaran matematika.
Hal itu adalah akibat dari belum efektifnya penggunaan metode atau cara mengajar guru pada pembelajaran matematika di kelas. Siswa belum menguasai dasar-dasar matematika yang dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Siswa tidak memiliki persiapan yangcukup untuk menyelesaikan soal matematika. Oleh karena itu, penelitian ini akan ditekankan pada pemahaman siswa dikelas 5A SD Panca Setya 1 Sintang, dengan menerapkan satu strategi kreatif yang dapat mengatasi masalah tersebut.
Peneliti menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Media gambar adalah suatu alat pembelajaran yang menggunakan gambar, baik itu gambar yang berwarna maupun tidak berwarna.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah penerapan pembelajaran media gambar dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 5A Sekolah Dasar Panca Setya 1 Sintang tahun pelajaran 2011/2012 ?
2.      Bagaimanakah pemahaman siswa kelas 5A Sekolah Dasar Panca Setya 1 Sintang tahun pelajaran 2011/2012 dengan penggunaan media gambar ?


C.     Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskriptif objektif tentang metode pembelajaran media gambar dikelas 5ASekolah Dasar Panca Setya 1 Sintang dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa.
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1.      Menganalisa penerapan proses pembelajaran menggunakan  media gambar untuk meningkatkan pemahaman sisiwa kelas 5A Sekolah Dasar  Panca Setya 1 Sintang tahun pelajaran 2011/2012.
2.      Mendeskripsikan pemahaman siswa kelas 5A Sekolah Dasar Panca Setya 1 Sintang tahun pelajaran 2011/1012 dengan penggunaan media gambar.

D.    Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah kekayaan ilmu pengetahuan khususnya pada pembelajaran matematika melalui penggunaan media gambar.



2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi Siswa
Untuk menjadi siswa yang cerdas, aktif dan kreatif, dan untuk mencapai nilai diatas KKM, siswa harus memiliki pemahaman yang baik dalam suatu pembelajaran.
b.      Bagi Guru
Sesuai dengan tuntutan seorang guru yang harus professional dan memiliki kompetensi pedagogik, guru dapat menggunakan metode pembelajaran media gambar dalam proses pembelajaran, guna  membantu siswa dalam mmendapatkan pemahaman yang baik, sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang baik.
c.       Bagi Sekolah
Sesuai dengan muatan yang terkandung dalam kurikulum, sekolah diharapkan mampu mengembangkan pembelajaran karah yang kontekstual sesuai dengan kebutuhan perserta didik, dan pemelajaran mmenggunakan media gambardipandang dapat menjawab kebutuhan peserta didikkearah tersebut.
d.      Bagi Peneliti
Untuk memenuhi syarat akademik dalam memperoleh nilai akhir semester pada mata kuliah metodologi. Penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi sebuah dasar untuk pengembangan diri keaspek kompetensi pedagogic pada guru dalam pembelajaran matematika.
E.     Ruang Lingkup Penelitian
a.       Variable penelitian
1.      Variable bebas
2.      Variable terikat
b.      Definisi Operasional
Defenisi operasional menunjukkan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Definisi operasional adalah hal-hal yang harus dijawab untuk menghindari kesalahpahaman istilah yang terdapat pada judul. Istilah-istilah yang terdapat dalam penelitian ini adalahsebagai berikut:
1.      Pemahaman sisiwa
2.      Media gambar
3.      Pendekatan pemahaman siswa dengan media gambar
F.      Metode dan Bentuk Penelitian
1.      Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
2.      Bentuk Penelitian
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
G.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data
1.      Teknik Pengumpulan Data
a.       Teknik Observasi Langsung
Teknik pengumpulan data dengan observasi langsung adalah pengamatan langsung terhadap objek maupun subjek penelitian untuk mendapatkan data. Dengan cara pengamatan langsung peneliti dapat mencatat segala sesuatu kejadian yang sedang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dari pengamatan langsung peneliti dapat memperoleh data dari subjek, baik yang tidak dapat berkomunikasi secara verbal atau yangtidak mau berkomunikasi secara verbal. (Nazir, 2009:175)

b.      Teknik Wawancara
Teknik wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab, sambil bertatap muka antara sipewawancara (peneliti) dan responden, menggunakan alat yangdinamakan panduan wawancara. (Nazir, 2009:193-194)
c.       Teknik Dokumentasi
Teknik dokumentasi ialah cara peneliti untuk memperoleh informasi dari bermacam-macam sumber tertulis atau dokumen yang berupa gambar, foto dan lampiran dari responden yang mendukung penelitian. (Sukardi, 2009:81)
2.      Alat Pengumpulan Data
a.       Lembar Observasi
Lembar observasi adalah pernyataan yang sesuai
b.      Lembar Wawancara
c.       Dokumentasi
H.    Teknik Analisis Data
a.       Pengumpulan data
b.      Reduksi data
c.       Penyajian data
d.      Penarikan kesimpulan
I.       Hipotesis
BAB II
Daftar Pustaka
Nazir.2009
























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar